Friday 2 May 2014

Pemuda Harapan Banua

Kali ini Saya akan memposting artikel yang saya kirim ke Lomba Menulis Artikel dalam rangka menyemarakkan peringatan Milad ke 2 KAMMI komisariat Amuntai, yang Alhamdulillah artikel saya itu mendapat 'Kemenangan yang Tertunda' .

berikut cuplikan artikel tersebut yang berTemakan "Peran Pemuda dalam Membangun Banua Tercinta" :

Jikalau berbicara tentang pemuda, mungkin tidak akan ada habisnya. Karena pemuda adalah sosok yang menjadi harapan bagi kedua orang tua, masyarakat, daerah dan agamanya. Peran pemuda juga sangat penting bagi daerahnya, sebagai penggerak kemajuan ketika masyarakat melakukan proses pembangunan.
Beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncangkan dunia”, itulah perkataan salah satu tokoh idola saya (Ir. Soekarno) yang menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan Bangsa dan Negara.  Baik buruknya suatu Negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan Negara.  Generasi muda  harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, agamis, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global.
Maka, mereka seperti kata ahli hikmah, “Syababul yaum, rijaalul ghad,” mereka “Pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok”. Itulah di antara semboyan masyarakat yang seringkali terdengar ketika menyebut satu kelompok masyarakat yang dinamakan pemuda. Semboyan seperti itu agaknya bukanlah sesuatu yang berlebihan, mengingat begitu pentingnya eksistensi pemuda di tengah masyarakatnya.

Dalam proses pembangunan daerah banua, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan . Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan.


             Akan tetapi para pemuda seakan-akan terhalang oleh sebuah tembok besar yang menghalangi mereka berkarya untuk memajukan daerah dengan kenyataan bahwa banyak putra putri daerah yang mempunyai kualitas baik ilmu pengetahuan teknologi, kepemimpinan dan lain sebagainya melebihi anak orang-orang yang berkuasa disana. Tapi mereka tidak mempunyai kesempatan untuk tampil dan terhenti oleh cara yang klasik “Kamu anak siapa, anak pengusaha atau pejabat bukan, punya duit berapa, anak muda tau apa sih, dan lain-lain”.

Oleh karena itu, para pemuda harus selalu membuktikan diri, bahwa mereka memang kelompok terbaik dalam sebuah daerah dikarenakan semangat, kekuatan dan kemampuan yang mereka miliki. Kalaupun kita, para pemuda belum mampu berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan daerah, paling tidak berbuat yang terbaik untuk diri sendiri. Seandainya belum mampu menyumbangkan yang terbaik bagi daerah dan ikut menyelesaikan persoalan dimasyarakat, minimal jangan hendaknya para pemuda menjadi beban dan masalah bagi masyarakat daerah sekitar. Tentu sangat memalukan, sekiranya masyarakat daerah ini sibuk mengurus para pemudanya yang komplit dengan segudang persoalan, karena ketidakmampuan mereka menyelesaiakan persoalan sendiri..
            Jadi kita sebagai pemuda,  sebagai harapan dan tulang punggung masyarakat daerah, seyogyanya kita bahu-membahu membangun banua tercinta ini. Karena kitalah generasi penerus, kita lah masa depan bangsa, kita juga merupakan salah satu faktor yang bisa membuat banua tercinta ini MAJU. Giatlah belajar, perbanyaklah prestasi, buatlah masyarakat bangga kepada kita. Kita telah diberikan tanggung jawab yang besar oleh masyarakat, jadi jangan sedikitpun kita menyia-nyiakannya.
            Walaupun di Banua tercinta kita ini minim Sumber Daya Alamnya, tapi kita masih bisa memaksimalkan Sumber Daya Manusianya.
            Mungkin nanti kita bisa memanfaatkan potensi lahan yang subur di Banua kita ini, dengan kemauan kuat dan usaha yang pantang menyerah, pasti akan tercipta sesuatu yang besar, yang sangat berguna bagi banyak orang. Jikalau kita mau ‘Fokus’ untuk meneladani  kemajuan suatu potensi, Pertanian misalnya. Mungkin saja potensi pertanian yang kita fokuskan tersebut berhasil, dan pertanian kita menjadi sumber pangan terbesar di KALSEL bahkan INDONESIA. Tidak ada yang tidak mungkin jikalau kita mau berusaha dan Allah berkehendak.
Para Pemuda Pemudi juga bisa memajukan dan membuat banua tercinta ini terkenal diluar daerah (Nasional) bahkan di kancah Internasional dengan cara menekuni dan memperkenalkan serta mempromosikan Kesenian Budaya daerah kita kepada orang banyak.
            Atau dengan seiringnya perkembangan teknologi saat ini, salah satu bentuk perjuangan yang dapat dilakukan oleh pemuda adalah melalui sosial media. Mesir menjadi contoh positif penggunaan sosial media untuk sebuah perubahan, jatuhnya pemerintahan Hosni Mubarak akibat sistem ekonomi yang tidak menguntungkan rakyat awalnya diserukan perubahan oleh pemuda melalui sosial media seperti facebook, twitter dan blog.
Oleh karena itu wahai rekan pemuda, mari kita olah potensi yang ada pada diri kita :
1.      Olah rasa agar iman melekat.
2.      Olah rasio agar ilmu meningkat.
3.      Olah raga agar badan sehat .
4.      Olah usaha agar ekonomi kuat.
5.      Olah kinerja agar produktivitas meningkat.
Jika kelima potensi itu dimiliki dan melekat pada generasi pemuda, tidak diragukan lagi para pemuda akan mampu menjadi penerus perjuangan bangsa, dengan meraih prestasi yang gemilang, pada masa yang akan datang. Kita tidak ingin lagi dengar istilah penganguran, pengemis dijalanan serta gelandangan dijalan-jalan tapi kita ingin dengar istilah pemuda yang kreatif, agresif, inovatif, dan produktif.

Dan juga wahai rekan pemuda, “Janganlah engkau sia-siakan masa mudamu”
Karena William Shakespeare mengatakan: masa mudamu cuma satu jam, kecantikanmu cuma setumbuh kembang. Maka katakanlah pada dirimu wahai rekan pemuda ungkapan kata berikut ini: giatlah bekerja, rajinlah belajar dan gemar beramal ibadah, insya Allah masa depan kita akan cerah.
 Namun jika kita malas bekerja, engan belajar dan tidak mau beramal ibadah maka tidak akan berkembang jadi lebih baik daerah Banua yang kita cintai ini.
Sebagai aplikasinya marilah kita dari sekarang, kita hiasi masa muda dengan ilmu, iman, ihsan dan amal soleh serta aktif dalam berbagai bidang baik dalam bidang keagamaan maupun dalam bidang sosial kemasyarakatan.

               Itulah yang dapat saya kemukakan tentan peranan pemuda dalam pembangunan Banua tercinta. Maka marilah kita singsingkan lengan baju, langkahlan kaki, belajar, bekerja serta beramal soleh. Sebagai kesimpulan dari apa yang saya kemukakan tadi bahwa pemuda-pemuda merupakan tulang pungung bangsa, negara dalam upaya meraih keberhasilan dalam segala hal, khususnya pembangunan daearah yang telah, sedang dan akan terus dilaksanakan. Kita berharap bahwa dimasa yang akan datang Banua kita menjadi daerah yang Baik, Aman, Tentram, Sejahtera dan mendapatkan keampunan dari Allah SWT. Aamiin.


Berfikirlah pemuda!
Setidaknya untuk dirimu sendiri !
Sadarkah, Bangsa ini begitu mengandalkan kita pemuda!
Jangankan berguna untuk bangsa,
Untuk dirimu pun belum bisa!
Jangankan membanggakan bangsa,
Membanggakan orangtua mu pun belum bisa!

Jangan hanya bisa murka karena para pemimpin kita belum juga bekerja,
Simpan tenagamu untuk hal yang lebih berguna pemuda!
Jangan hanya bisa menuntut hak-mu wahai pemuda!
Menjalankan tugas utama-mu "menuntut ilmu"-pun tidak bisa!
Saatnya Berubah Pemuda!
Pemuda indonesia untuk bangsa!

Nb : beberapa bahan dari artikel tersebut, saya dapat dari browsing di internet.


1 komentar:

Anonymous said...

ijin share semua ya gan

Post a Comment